Sunday, February 3, 2013

Divergent #1

Format : Paperback
Tebal : 544 halaman
Penerbit : Mizan
Rating : 5 / 5

dan akhirnya... mari, kita sambut bersama *drumroll* DIVERGENT !!!!
hfff........
saya ini lagi mabok, mabok inisiasi. mabok faksi. mabok pokoknya mabok.
divergent ini bercerita tentang kehidupan setelah perang besar yang dibagi menjadi 5 faksi.

Abnegation adalah faksi yang rela membantu, saling membantu, dan menghilangkan segala keegoisan yang ada dalm diri manusia. semua orang dianggap sama dan memang sama mulai dari pakaian, makanan dan sebagainya. mereka rela membantu tanpa imbalan. untuk bercermin pun dilarang karena dianggap memuaskan diri sendiri. intinya faksi ini tidak mementingkan diri sendiri dan mendahulukan kepentingan orang lain. orang egois silahkan minggir.

Erudite, faksi yang dipenuhi orang-orang pintar. haus akan ilmu pengetahuan. berpakaian layaknya kutubuku dengan kacamata yang bertengger di hidung semua orang. erudite tidak menyukai abnegation karena mereka menganggap abnegation munafik. bukannya rela membantu, abnegation malah dianggap menimbun kekayaan sehingga faksi lain terlantar (fyi, pemerintahan banyak dipegang abnegation)

Candor, mewakili sifat kejujuran. yang boleh masuk disini hanya orang-orang jujur. saat ujian masuk inisiasi ini pun, kalian dianggap pantas bila memberitahukan semua kejujuran baik itu baik/buruk diri kalian maupun keluarga. intinya jujur deh.

Amity. faksi yang cinta damai. mereka yang tidak menyukai peperangan semua bergabung dengan faksi ini. mencari ketenangan, disinilah tempatnya.

Dauntless. faksi yang menganggap keberanian adalah kunci kehidupan. bagi mereka yang menyukai tantangan termasuk yang dapat merenggut nyawa, disini tempatnya. pulang pergi mereka harus lompat dari kereta yang berjalan cepat ke genteng rumah. menuju markas, mereka harus melompati gedung yang tidak terlihat dasarnya. tapi disini letak segala kebebasan.

Factionless adalah orang-orang yang tidak memiliki faksi karena gagal dalam ujian inisiasi. kebanyakan mereka adalah pengemis yang sering dibantu abnegation.

Tris, adalah seorang abnegation berumur 16 tahun yang akan melalui proses pemilihan. disana mereka akan melakukan simulasi dan mengetahui faksi mana yang cocok untuk mereka. setelah proses itu, ternyata Tris adalah seorang divergent. divergent adalah golongan orang-orang yang tidak memiliki sifat-sifat tertentu melainkan memiliki sifat beberapa faksi sekaligus. hal itu membahayakan, karena beberapa golongan menganggap divergent adalah pemberontak pengkhianat. golongan itu akan membunuh semua divergent yang mereka ketahui. lalu faksi apa yang dipilih tris agar selamat?

Saat itu, faksi dianggap lebih penting dari golongan darah (hayoooloooh mulai menjurus). tapi tris tidak ingin ayah dan ibunya kecewa. tris memilih............................................... dan bertemu dengan Four AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAARRGGGGGGHHHHHHHHHHHHHHHH......

udah ah, nggak sanggup lagi mau cerita. fournya muncul, jadi pengen nangis guling-guling. sedih dia cuma tokoh fiktif hahahaha..




No comments:

Post a Comment