Saturday, April 20, 2013

Jeniusnya Hemingway


Hari itu, saya main ke salah satu situs yang wajib hukumnya saya kunjungi setiap hari, goodreads, saya scroll ke bawah meluhat recent updates dari teman-teman yang ada di goodreads. Sampai tiba-tiba mata saya tertuju pada satu update-an seseorang, sebut saja bu doktel ;). Setau saya (yang baru kenal dengan bu doktel ini) jaraaaang sekali yang namanya memberi rate 5 bintang untuk sebuah buku. Iya, 5 bintang tanpa babibu. Saya bacalah kemudia review itu tanpa melihat deskripsi buku itu. Judulnya,

For Sale : Baby Shoes, Never Worn
Oleh Ernest Hemingway

Di review itu dibilang, bahwa bu doktel ini juga bingung kenapa dia memberikan 5 bintang sementara karya itu bahkan bukan-buku-bukan-cerpen (pertanyaan pertama). Secara otomatis pertanyaan muncul, loh ini apa dong? Tapi tidak terpengaruh saya terus membacanya. Bu doktel ini juga sempat menanyakan pendapat orang-orang, apa kira-kira yang ada dipikiran orang-orang tentang cerita dari For Sale : Baby Shoes, Never Worn ini? Ada yang menjawab (seperti saya) bahwa anaknya meninggal :”(, ada juga yang menjawab mungkin orangtuanya kaya dan anaknya punya banyak sepatu jadi yang ini dijual, ada juga yang menjawab salah beli dll. Saya semakin penasaran kenapa bu doktel bertanya seperti itu yaa?

Berkali-kali bu doktel memuji hemingway sebagai jenius dan Cuma dia yang bisa melakukan hal seperti ini XD semakin tidak sabar, saya harus baca, pikir saya. Kemudian di akhir review dibilang, orang-orang yang mark as to read atau currently read this book itu punya sense of humor yang tinggi. Ini maksudnya apaa? Apa yang salah cobaa???

 Kemudian, sampai di kolom komen, ada orang yang menuliskan, orang yang mengupload buku ini, jail. Ada juga yang bilang, saya sudah berencana cari ebooknya. Loh? Memangnya nggak ada ebooknya? >____< daaan, komen terakhirlah yang membawa saya ketitik pencerahan. Dia katanya sempat memasukkan For Sale : Baby Shoes, Never Worn ini as to read nya karena tidak baca deskripsi. Maka saya pun meluncur ke deskripsi buku dan SUPER TRAP !!!!!

Jadi,  Hemingway pernah ditantang oleh temannya menulis cerita hanya dalam 6 kata dan jadilah For Sale : Baby Shoes, Never Worn ini XD. Ajaib kan??!!! Hanya dalam 6 kata saja, kalian bisa berimajinasi menciptakan cerita sendiri. Bukan Cuma satu, dua cerita tapi banyak yang bisa muncul. Bukan hal yang salah memang jika Hemingway disebut jenius untuk karya nya yang satu ini.

No comments:

Post a Comment