Wednesday, March 19, 2014

Reply 1997 vs. Reply 1994

Sebelum hilang euforia kesuksesan Reply 1994 baru-baru ini, ingin sekali rasanya saya membandingkannya dengan drama pendahulu yang juga menuai sukses. Maka dalam postingan ini akan terjawab drama yang mana yang lebih dari yang lainnya. Berikut artikel yang saya dapat dari wikipedia tentang cast, writer, dsb yang menjadi tiang drama ini :





Nah ! Ketahuan dong kalau sebagian besar (atau mungkin saja) semua crew di drama ini sama antara 1997 dan 1994. Jadi tidak heran jika keduanya punya gaya guyonan yang hampir sama.Kelamaan mulainya, langsung saja kita mulai dari :


1. Pemilihan Cast
    Peran orangtua dalam kedua drama sama, Yang saya suka dari PD drama ini adalah dia berani bermain   dengan cast yang beda. Kita diberi kesempatan mengenal lebih banyak aktris atau aktor berbakat dan tidak melulu yang kita lihat di drama-drama channel nasional Korea.
# 1 Point untuk masing-masing drama

2. OST
    Berbicara tentang OST ini tergantung selera musik.. tapi saya sepertinya lebih suka dengan OST Reply 1994 yang lebih beragam. Apalagi yang dinyanyikan SSK dan Lim Kim. Itu juara sekali.
# 1 Point untuk Reply1994

3. Plot Cerita
    Lebih berkembang Reply 1994 daripada Reply 1997. Kenapa? Karena 1994 tidak monoton hanya kepada cerita cinta pemeran utama saja. Tapi, juga mengangkat (walau tidak banyak sekali) tentang anak-anak boarding house lainnya. Dari segi lawakan, jujur, memang lebih lucu 1994 dari pendahulunya. Sayang beribu sayang, eksekusi drama 94 belum begitu berhasil. Malah, jika inti dari drama ini adalah menebak siapa calon suaminya NJ, PD bermain aman dengan menggunakan pemeran pengganti yang entah siapa itu sebagai cuplikan pernikahan NJ. Belum lagi ending yang terkesan dibuat secara buru-buru untuk 94.
Berbeda dengan 97, walaupun lebih terlihat jelas siapa suaminya, tapi eksekusi jelas dan bersih.
# 1 Point untuk Reply1997

Jadi, siapa yang menang? Point sama.
Menurut kalian?





No comments:

Post a Comment